cara mendapatkan customer

sebagus apapun pelayanan jasa laundry kita jika tidak ada orang yang tahu , sudah jelas hasilnya akan nihil. Maka mempromosikan Laundry kita kepada calon customer adalah hal yang mutlak. Berikut ini beberapa cara mendatangkan calon customer/pelanggan :

  • Berikan Pelayanan “Cuci Gratis”

Trick “Cuci Gratis” ini tentunya harus ada aturan mainnya, misalkan cuci gratis ini hanya berlaku untuk jenis “Cuci Basah” dan setiap 1 orang hanya berlaku 1 kali.  Jika calon customer menghendaki cuci kering, berarti harus menambah ongkos pengeringan. Berlakukan Promosi ini Maksimal 1 Bulan. Contoh Estimasi :

Ongkos CUCI BASAH (1kg) > Rp. 4000

Ongkos CUCI KERING (1Kg) > Rp. 7000

Berarti calon customer yang gratis cuci basah apabila menghendaki cuci kering , harus menambah Rp. 3000 (kg) dan biaya untuk operasional (chemical , gaji karyawan , listrik, dll) cukup untuk menutupi biaya promosi tersebut (Kembali Modal). Cara ini sangat efektif sekali ketika opening laundry karena calon customer akan tahu bagaimana kualitas laundry kita (Tentunya harus menggunakan chemical yang berkualitas serta melakukan tahapan-tahapan pencucian laundry)

  • Berikan diskon 50%

cara ini juga dilakukan pada saat promosi bersamaan dengan diberlakukannya “Cuci Gratis”, Hanya saja promosi diskon 50% ini berlaku untuk customer yang sudah mendapatkan promosi “cuci gratis” dan khusus untuk cuci basah, jadi jika customer ingin cuci kering harus menambah biaya sebesar Rp.3000/kg.

Trick Marketing seperti ini persis yang digunakan oleh MC. DONALD. Beberapa waktu yang lalu , Mc Donald pernah melakukan promosi yang sangat miring, yaitu menjual ice cream dengan harga Rp. 1500 / pcs. Padahal ice cream yang diproduksi oleh Mc Donald terjamin dan rasanya pun jauh jika dibandingkan dengan Ice Cream yang dijajakan di pinggir jalan dengan harga Rp. 2000 / Pcs. Apakah dengan menerapkan trick ini Mc Donald akan rugi ? Tentu saja tidak, Karena secara logika seseorang pergi ke Mc Donald hanya ingin membeli sebuah ice cream adalah hal yang sangat diluar logika. Parkirnya saja Rp. 1000 . Setelah kita masuk ke Mc Donald lalu kita pesan ice cream, sebelum pelayan mengambilkan ice cream yang kita pesan, dia pasti akan berkata “Hamburgernya sekalian pak ? / Kentang gorengnya mumpung lagi promo ?/ini, itu dan lain sebagainya pasti akan ditawarkan kepada customer.

Sama Halnya dengan Laundry, Setelah masuk ke laundry kita dan mendapat diskon cuci basah 50%, langsung kita tawarkan : “tidak dikeringkan dan dipacking sekalian pak agar langsung pakai?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s