tahap pertama : penerimaan pakaian

  • Pakaian dari pelanggan kita terima, kemudian kita timbang (laundry kiloan) atau kita hitung (pcs) untuk mengetahui berat dan jumlah dari pakaian pelanggan. Di usahakan pelanggan dapat melihat sendiri berapa berat pakaian mereka. Hal ini penting untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Wajib kita tanyakan kepada pelanggan bahwa adakah pakaian yang mudah luntur, jika ada berarti kita harus memilah agar tidak melunturi pakaian yang lain.
  • Selanjutnya kita buatkan nota dengan format : NAMA, ALAMAT, NO TELP, QUANTITY PAKAIAN, JENIS CUCI, BIAYA, TGL TERIMA, TGL SELESAI, Dst. Dianjurkan untuk nota laundry dibuat dengan catatan-catatan yang melindungi laundry kita dari resiko yang tidak diinginkan, seperti :
  1. Pakaian yang luntur tanpa pemberitahuan, diluar tanggung jawab kami.
  2. Mohon tidak menyertakan pakaian yang terkena kotoran balita / muntahan.
  3. Pengambilan melebihi 2bulan bukan tanggung jawab kami (dimaksudkan agar tidak terjadi penumpukan pakaian)
  4. Dll. (Tergantung kebijakan anda)

Setelah penulisan nota selesai, yang selanjutnya harus kita lakukan adalah memberikan salah satu nota yang terdiri dari rangkap 1 dan rangkap 2. Jika customerĀ langsung membayar didepan (lunas), maka nota rangkap pertama yang kita berikan , berikan rangkap kedua jika customer membayar separuh atau pembayaran pada saat pengambilan, sedangkan rangkap 3 khusus untuk pembukuan.

Lalu pakaian setiap customer kita beri dengan tag gun dan ditulis sesuai angka pada nomor nota , tujuannya agar tidak tertukar pada saat proses pencucian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s