cara membersihkan setrika

Menyetrika, kadang bisa sangat menjengkelkan, terutama saat setrika lengket atau kotor. Jika setrika lengket, pakaian akan menempel dan bukan menjadi licin dan rapi, malah akan menjadi kusut dan kotor. Jika setrika kotor, ya pakaian juga ikut kotor dan bisa lengket. Lalu, bagaimana cara untuk membersihkan setrika dari lengket dan kotor? Ada dua cara untuk membersihkan setrika dari kotoran/lengket.

Pertama, menggunakan daun pisang segar. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan cepat terutama saat setrika lengket karena terkena sablonan atau bahan sintetis. Begini caranya:

  1. Ambil daun pisang segar secukupnya (kira-kira seukuran setrika lebih sedikit)
  2. Lap daun pisang dengan kain lap bersih agar daun pisang bersih dari kotoran
  3. Letakkan daun pisang di papan setrika (atau lantai jika takut kotor)
  4. Gosok-gosokkan setrika yang masih panas (jika setrika uap, pastikan tidak menggunakan uap) ke permukaan atas daun pisang hingga terasa licin kembali.

Jika anda kesulitan mencari daun pisang, teknik membersihkan dengan garam ini bisa membantu anda.

  1. Letakkan tisu handuk (tisu yang lebar dan sedikit tebal) atau kain lap bersih yang tidak lengket di setrika seperti yang terbuat dari kain flanel
  2. Taburkan garam di atas meja setrika yang sudah dilapisi
  3. Atur setrika ke temperatur maksimum (jika setrika uap, jangan gunakan uapnya)
  4. Setrika lapisan papan setrika tersebut dengan sedikit ditekan. Kotoran akan menempel di garam yang tadi anda taburkan

Dijamin, setrika anda kembali bersih…

source: Q & C

Leave a comment